Latest Music :
Home » » Aktivitas Pembelajaran IPA Membuat Teka Teki Silang di Kelas 8A

Aktivitas Pembelajaran IPA Membuat Teka Teki Silang di Kelas 8A

Thursday 17 August 2023 | 0 comments

 

Hari jum’at 18 Agustus 2023 jam pembelajaran ke 3 sampai dengan ke 4. Topik materi pembelajaran adalah tentang sel, tugas mandiri yang dilakukan adalah membuat teka-teki silang tentang materi sel. Tujuan pada edisi ini adalah mengenalkan literasi baca sekaligus olah kata kepada peserta didik.

Selama ini ada anggapan bahwa peserta didik selalu pasif hanya menjawab pertanyaan yang diberikan dalam mengikuti pembelajaran di kelas. Namun, saat kegiatan pembuatan teka teki silang tersebut peserta didik merasa tertantang. Sebab permainan olah kata dan literasi baca ini memberikan pengalaman bagaimana menyusun kata yang pas agar bagian yang menurun dan mendatar bisa terisi dengan kotak-kotak secara terstruktur.

 

Ada beberapa strategi yang mereka lakukan. Beberapa ada yang melakukan pembuatan jaring-jaringnya dahulu yaitu membuat kotak huruf dibagian kertas yang sudah disediakan. Beberapa peserta didik yang lain ada yang menyusun pertanyaan mendatar dan juga menurun. Ada juga yang mengerjakan pembuatan soal mendatar dan menurun sekaligus jaring-jaring kotak huruf secara bersamaan.

 

Untuk pertemuan hari jum’at ini ada waktu tersedia adalah 2 jam pelajaran, setiap 1 JP adalah 40 menit. Dalam menyusun teka teki silang 10 soal mendatar  dan 10 soal menurun. Ternyata, secara umum peserta didik tidak bisa menyelesaikan dalam waktu 2JP tersebut. Hal ini bisa dimaklumi karena baru pertama ini mereka diberikan tantangan membuat teka-teki silang seperti tugas tersebut sekaligus ditemukan adanya beberapa yang belum terbiasa melakukan strategi terbaik dalam memaksimalkan waktu yang ada.


Karya Peserta Didik K1



Karya Peserta Didik K2



Karya Peserta Didik K3

 

Share this article :

No comments:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. BELAJAR SEPANJANG HAYAT - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger